K13 - Menjelang tahun pelajaran 2017/2018 berikut Contoh RPP Tematik Terpadu SD K13 revisi tahun 2017.
Apa yang baru dan menjadi pembeda RPP Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016 dengan RPP Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017?
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru/tenaga pendidik harus memunculkan 4 macam point yaitu:
- PPK;
- Literasi
- 4C, dan
- HOTS
[baca juga, Pedoman Penyusunan RPP K13 revisi Tahun 2017]
A. Perbaikan ataurevisinya antara lain:
- Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas atau 7 Karakter untuk mapel IPS dari 18 Karakter prioritas;
- Mengintegrasikan literasi dalam RPP baik sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran.
*#Pengertian Literasi*
dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami,
dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain
membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi
Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk
menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat
sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca
dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber
pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat
dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan
(Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi
(Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
keterampilan abad 21
atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, danCollaborative);
*#Keterampilan abad 21
atau diistilahkan dengan 4C* (Communication, Collaboration, Critical Thinkingand Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya
ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan
4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih
kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat
cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah
jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat
ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
3. Mengintegrasikan
HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi Level
3/C4 s/d C6)
*#Higher Order of
Thinking Skill (HOTS)* adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif,
metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat
tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif
yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan
memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan
kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks
tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan
berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam
membangun gagasan/ide-ide.
*#Gerakan PPK* perlu
mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai
program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai
sekarang.
Pengintegrasian
tersebut antara lain:
a. pemaduan kegiatan
kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
b. pemaduan kegiatan
intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
c. pelibatan secara
serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Perdalaman dan
perluasan dapat berupa:
1. Penambahan dan
pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter
siswa,
2. Penambahan dan penajaman
kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah
atau luar sekolah;
3. Penyelerasan dapat
berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi
Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Maka tidak mungkin lagi
menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun
kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus
untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari
belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.
Bagi Bapak/Ibu guru yang ingin mendownload contoh rpp tematik terpadu untuk sekolah dasar Kurikulum 2013, silahkan anda klik alamat tautan di bawah ini :
Sekian Contoh RPP Tematik Terpadu SD K13 revisi tahun pelajaran 2017/2018
BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA
Halaman Berikutnya