Sebagai seorang guru kita harus mampu membuat siswa semangat
dalam pembelajaran, supaya siswa mendapatkan hasil yang maksimal dan apa yang
menjadi harapan seorang guru.
Berikut 3 tips membuat siswa semangat dalam belajar (mengutip tulisan Yasrizal, Guru kelas 5 SD Negeri 2 Nongsa Kota Batam) :
Pertama, seorang guru hendaklah mampu memberikan senyuman pada saat pembelajaran, karena tersenyum menjadikan seorang guru yang ceria, semangat dan enerjik, sehingga akan menjadi kesan terbaik terhadap siswa sehingga dapat membuat siswa bahagia, senang, dan juga senyum itu akan membangkitkan semangat siswa dalam menerima pembelajaran. Sekarang senyum “sangat mahal”, bagi seorang guru, masuk kelas guru tak pernah senyum, dengan wajah tanpa ekspresi guru mulai mengajar yang mengakibatkan siswa dengan muka tegang menerima pembelajaran.
Kedua, berikan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan siswa, tanggung jawab identik dengan beban, beban yang ditanggung siswa adalah mampu ia laksananakan bukan beban yang terasa disiswa menjadi siksaan sehingga itulah yang menjadikan kata ”malas”. Apabila siswa bertanggung jawab dalam melaksanakan pembelajaran tanpa beban maka akan timbullah semangat belajar.
Ketiga, berikan siswa kesempatan untuk berbuat, kesempatan merupakan salah satu faktor yang harus diberikan kepada siswa dengan diberikan kesempatan siswa mampu mengembangkan kemampuan diri. Tanpa kesempatan yang diberikan tidak mungkin siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, oleh karena itu bila kesempatan belum muncul dalam diri siswa seorang guru harus mampu membimbing siswa dalam menciptakan kesempatan, bahkan dalam kesulitan apapun siswa harus diberikan kesempatan untuk menciptakan semangat belajar.

Demikianlah 3 Tips Cara Membuat Anak Semangat Belajar
Pertama, seorang guru hendaklah mampu memberikan senyuman pada saat pembelajaran, karena tersenyum menjadikan seorang guru yang ceria, semangat dan enerjik, sehingga akan menjadi kesan terbaik terhadap siswa sehingga dapat membuat siswa bahagia, senang, dan juga senyum itu akan membangkitkan semangat siswa dalam menerima pembelajaran. Sekarang senyum “sangat mahal”, bagi seorang guru, masuk kelas guru tak pernah senyum, dengan wajah tanpa ekspresi guru mulai mengajar yang mengakibatkan siswa dengan muka tegang menerima pembelajaran.
Kedua, berikan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan siswa, tanggung jawab identik dengan beban, beban yang ditanggung siswa adalah mampu ia laksananakan bukan beban yang terasa disiswa menjadi siksaan sehingga itulah yang menjadikan kata ”malas”. Apabila siswa bertanggung jawab dalam melaksanakan pembelajaran tanpa beban maka akan timbullah semangat belajar.
Ketiga, berikan siswa kesempatan untuk berbuat, kesempatan merupakan salah satu faktor yang harus diberikan kepada siswa dengan diberikan kesempatan siswa mampu mengembangkan kemampuan diri. Tanpa kesempatan yang diberikan tidak mungkin siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, oleh karena itu bila kesempatan belum muncul dalam diri siswa seorang guru harus mampu membimbing siswa dalam menciptakan kesempatan, bahkan dalam kesulitan apapun siswa harus diberikan kesempatan untuk menciptakan semangat belajar.

Demikianlah
BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA
Halaman Berikutnya