Soal PPGJ 2018 Guru SD Kelas Tinggi

Soal Pretes PPGJ 2018 - Berikut merupakan latihan  atau prediksi Soal Pretes PPGJ 2018 Guru SD Kelas Tinggi Tahun Uji Kompetensi 2018.

Seperti telah kita ketahui bersama, bahwa untuk pendaftaran calon peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan atau yang sering kita sebut dengan istilah PPGJ telah berakhir pada tanggal 31 Maret 2018.

Sebelum anda mengerjakan prediksi Soal Pretes PPGJ 2018 Guru SD Kelas 4, PPGJ 2018 Guru Kelas 5, dan PPGJ 2018 Guru Kelas 6 SD, silahkan Bapak/Ibu bisa download Modul PKB dari Kelompok Kompetensi A, Kelompok Kompetensi B, Kelompok Kompetensi C, Kelompok Kompetensi D, Kelompok Kompetensi E, Kelompok Kompetensi F, Kelompok Kompetensi G, Kelompok Kompetensi H, Kelompok Kompetensi I, dan Kelompok Kompetensi J pada link yang tersedia di bawah ini:
[ Kelas Tinggi ]
Sesuai Kisi-kisi terbaru

Petunjuk Latihan Soal
a) Link atau tombol download akan aktif, jika anda mampu menyelesaikan no 1-10 soal latihan Post Test PKB 2017 ini dengan mendapat paling sedikit 7 poin;
b) Pastikan anda telah terdaftar sebagai anggota komunitas kelompok kerja guru/kepala sekolah/pengawas melaui app simpkb;
c) Klik tombol lingkaran didepan jawaban yang anda anggap benar;
d) Untuk melihat jawaban dan pembahasannya, silahkan anda klik tombol pembahasan soal;


*** selamat mengerjakan***

1. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk ....
  Pengembalian Keputusan (Decision Making)
  Konfirmasi (Confirmation)
  Bujukan (Persuasion)
  Implementasi (Implementation)
Jawaban b
2. Perhatikan gambar di bawah ini !
luas daerah yang diarsir Luas daerah yang diarsir adalah ....
  47,4 cm
  52,8 cm
  57,4 cm
  62,8 cm
3. Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Psikomotorik, yaitu ....
  Anak mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda
  Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi
  Anak menunjukkan kepedulian terhadap orang lain
  Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi
Karakteristik Anak Usia SD dari segi Psikomotorik, yaitu : · Anak sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman. Hal ini berguna untuk melakukan berbagai gerakan motorik kasar (jasmani) seperti memanjat, berlari dan menaiki tangga. · Memiliki kemampuan dalam melakukan koordinasi dan keseimbangan badan. Misalnya ketika berjalan atau berlari dengan berbagai pola · Anak sudah dapat memperkirakan kegiatan/gerakan yang berbahaya dan tidak berbahaya · Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi · Anak sudah bisa menunjukkan kebersihan dalam berpakaian, badan dan alat-alat yang dibawah
4. Prinsip-Prinsip karangan Narasi sebagai berikut, kecuali ....
  Alur
  Penokohan
  Amanat
  Sudut Pandang
CIRI-CIRI Karangan NARASI : a) Menyajikan serangkaian berita atau peristiwa b) Disajikan dalam urutan waktu serta kejadian yang menunjukkan peristiwa awal sampai akhir c) Menampilkan pelaku peristiwa atau kejadian d) Latar (setting) digambarkan secara hidup dan terperinci PRINSIP-PRINSIP NARASI : a. Alur (Plot) b. Penokohan c. Latar ( Setting) d. Sudut Pandang (Point of View)
5. Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi ....
  Mental
  Psikomotorik
  Sosial
  Emosional
Jawabannya a.
6. Untuk operasi bilangan bulat negatif, kita bisa menggunakan media ....
  Uang kertas
  Kerikil
  Mistar
  Koin
Jawaban : c.
7.  Untuk menghitung luas dan keliling bangun datar, media yang paling tepat digunakan adalah ....
  penggaris
  Kertas Folio Bergaris
  Neraca
  Kalkulator
Jawaban : b.
8. 420:20+(-33)+26=... Urutan operasi yang tepat untuk soal diatas adalah ....
  420:20, 26, +(-33)
  420:20, +(-33), 26
  +(-33), 26, 420 : 20
  tidak ada jawaban yang benar
jawaban :
9. Salah satu manfaat yang diperoleh siswa Sekolah Dasar, setelah mempelajari IPS adalah .... Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan
  Memiliki kesadaran sikap mental yang positif dan keterampilan terhadap pemanfaatan lingkungan hidup yang menjadi bagian dari kehidupan tersebut.
  Berpikir kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu Kewarganegaraan.
  Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
Menurut KTSP (2006) Tujuan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut: 1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkung- annya. 2. Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial. 3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan. 4.Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk dan ditingkat lokal, nasional dan global. Manfaat IPS 1) Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupannya kelak di masyarakat. 2) Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat. 3) Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan berbagai bidang keilmuan serta bidang keahlian. 4) Membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif dan keterampilan terhadap pemanfaatan lingkungan hidup yang menjadi bagian dari kehidupan tersebut. 5) Membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sisi lain, melalui pembelajaran IPS diharapkan mampu dikembangkan aspek pengetahuan dan pengertian (knowledge and understanding), aspek sikap dan nilai (atitude and value), dan aspek keterampilan (skill) (Skeel, 1995; Jarolimek, 1993). Untuk skala Indonesia, maka tujuan IPS khususnya pembelajaran IPS pada jenjang sekolah dasar sebagimana tecantum dalam Kurikulum IPS-SD Tahun 2006 adalah agar peserta didik mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupannya sehari-hari (Depdiknas, 2006). Ilmu pengetahuan sosial juga membahas hubungan antara manusia dengan lingkungannya, yaitu lingkungan masyarakat dimana anak didik tumbuh dan berkembang sebagai bagian dari masyarakat, dan dihadapkan pada berbagai permasalahan yang ada dan terjadi di lingkungan sekitarnya.
10. Jarak kota Singaraja ke kota Denpasar pada sebuah peta adalah 9 cm. Jika skala yang dipergunakan peta tersebut adalah 1 : 50.000, berapakah jarak kota Singaraja ke kota Denpasar sesungguhnya ....
  0,45 km
  4,5 km
  45 km
  450 km
Jawaban:

Catatan : Soal ini hanya sebagai prediksi latihan saja.


[Soal Pre TEST PPGJ Guru Kelas Rendah, silahkan klik disini]

Demikian Prediksi Latihan Soal Pretes PPGJ 2018 Guru SD Kelas Tinggi disertai Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Pretes PPGJ 2018 Guru SD Kelas Tinggi/SD Kelas Atas/ SD Kelas Lanjut Kelas 4, 5, dan Kelas 6 SD

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya